Pages - Menu

Kamis, 16 Desember 2010

Pantai Bambang (The most Beach in lumajang)

Nah setelash kita bahas tentang wisata sejarah, kali ini kita akan bahas wisata bahari yang ada di LUMAJANG.. apakah itu.. Cekidot... cekot-cekot

Pantai bambang merupakan pantai yang sangat indah namun belum ada pengelolaan yang baik sehingga pantai ini hanya ramai saat hari2 besar, pantai ini terletak dikordinat 8° 17’ 26,5” Ls dan 113° 06’ 37,8” BT. Keadaan fisik yang dapat digambarka banyak sekali misalnya, bentuk lahan marin yang dibentuk oleh gelombang laut, tipe gelombang yang ada adalah spilling/ odel gergaji karena dorongan anginya langsung dari smudera terhambat oleh bentangan pulau nusa barong sehingga gelombang tidak terlalu besar. Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga meskipun disana dekat laut tetapi banyak terdapat air tawar. Pasir yang ada disini merupakan pasir dari gunung semeru yang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, cirri-ciri pasirnya yaitu hitam berkadar besi tinggi.disini banyak terdapat batu-batu yang berbentuk bulat dan berfariasa sehingga banyak penambang batu untuk hiasan.disini abrasi sangat kuat dan anginnya juga lembab.

Penambang batu di pantai bambang (sum ber: panoramio.com)
Pantai ini terletak kecamatan pasirian Kabupaten Lumajang 25 Km dari pusat kota lumajang
dan 8 kilometer dari muara jalan pantai bambang

Jika ingin ke sini, tak perlu bingung soal kocek... karena tiket masuknya sangat murah hanya Rp2000 per orang
saat anda masuk ke kawasan pantai.. anda akan memasuki hutan jati.. panorama yang sangat indah dapat di abadikan di sini. di pantai bambang sendiri terdapat pasir hitam yang indah,, pasir ini biasannya ditambang. namun tidak di kawasan pantai. kalau anda agak ke timur, maka anda akan menemukan bendungan. nah di bendungan inilah biasannya pasir ditambang karena kadar Fe (besi) yang cukup tinggi, pasir Lumajang sangat terkenal di pasaran.
Pantai Bambang biasannya ramai dikunjungi pada hari-hari besar maupun pada hari minggu. itulah sebabnya bila kita datang saat bukan hari besar/minggu, masuk ke tempat ini ngga usah bayar (hhe, Adminnya sering juga loh)

Sumber google.com

Pemandangan yang indah.. Ombak yang besar. dan suara desiran Ombak yang merdu bisa membuat orang betah disini. bahkan ingin mencoba dinginnya air laut.
Eitz.. tunggu dulu.. jangan coba-coba renang terlalu jauh atau surfing disini.. karena Ingat.!! banyak batuan2 besar di pantai ini. kebanyakan orang yang tenggelam biasannya bukan karena mereka tidak dapat berenag. namun biasannya terbentur batu, kemudian pingsan dan tenggelam.. Bukan untuk menakut-nakuti, cuma mau ingetin aja kok
he2

Sumber: panoramio.com
Biasannya para pengunjung datang pada saat sore hari, selain karena tidak panas, mereka juga tidak ingin melewati saat sunset indah di pantai bambang
Lapar?? Haus ? jangan khawatir.. disini selain ada tempat parkir, dan MCK, ada juga warung penjual makanan.. Pecel, Bakso (enak ya.. hhe)

Nah itulah pantai Bambang.. bila pulang hati-hati karena sekitar 1 km dari pantai tidak terdapat lampu penerangan..
banyak kan tempat indah di dunia
Makannya.. jaga dan Rawat BUMI kita

And The last ( salam GreenY)
Satuka Hati, Hijaukan Bumi
Green My Earth, Peace My Heart...

9 komentar:

  1. Bagus memang pantainya,tapi butuh pengelolaan yg lebih untuk dijadikan obyek wisata yg layak jual, dan tetap ramah lingkungan. Aku arek lumajang bangga punya pantai bambang.

    BalasHapus
  2. Itu emang udah dikelola sob.. tapi, kenyataannya memang perlu "lebih" untuk menjadikan Objek Pariwisata Ini dikenal Luas
    Thx for your comment

    BalasHapus
  3. tp menakutkan, , saya hampir kebawa ombaak. . takuuut

    BalasHapus
  4. @ballance : semua struktur pantai emang seperti itu, seakan2 kita terbawa air yang kembali ke laut
    itu karena pasir yang ada di bawah kaki anda tergerus air.....
    saya teringat kata2 yang ada di salah satu buku yang saya baca
    "Takut bukan untuk dinikmati. namun takut harus Dilawan"
    tx for yaour comment ^_^

    BalasHapus
  5. ada yang pernah surfing ga disana?

    BalasHapus
  6. Pantai bambang seandainya di perbaiki mungkin bisa lebih bagus terutama sekarang sampahnya berceceran di mana-mana, tempat sampah hampir tidak ada. seandainya ada peringatan atau denda buat orang yang buang sampah sembarangan, trus uangnya buat tambahan perbaikan pantai.

    BalasHapus
  7. Jangan bermanja-manja diri menunggu ulur tangan pemerintah,, mari mulai dari sekarang bersama2 menjaga kebersihan Pantai Bambang..... Kalau Pantai bersih, toh kita juga kan yang senang.. :)

    BalasHapus
  8. hehehhe.. pantai yg sesuai dgn namaku...


    alhamdulillah, udah menginjakkan kakiku disini.... 31-01-16


    salam.

    BalasHapus

Terima Kasih atas umpan balik anda
Saran membangun sangat dibutuhkan untuk kelangsungan blog ini
"Lumajang Atib Berseri"