Pages - Menu

Sabtu, 29 Mei 2010

JALUR KERETA API PASIRIAN-LUMAJANG (mengangkat masalah lama)

Lumajang......... kota yang indah... dulu, lumajang pernah punya jalur kereta api loh..!!! Jalur kereta api di Kabupaten Lumajang cukup kompleks. Dari Stasiun Lumajang yang terletak di ibukota kabupaten, ke arah utara menuju Surabaya melalui Setasiun Klakah. Sedangkan di selatan Stasiun Lumajang terdapat percabangan jalur kereta api ke arah barat menuju Pasirian (kaki Gunung Semeru), dan ke arah timur menuju Rambipuji (Jember) lewat Yosowilangun (jalur selatan).

Di Stasiun Klakah sendiri memiliki percabangan jalur kereta api ke arah barat menuju Surabaya, ke arah timur menuju Jember lewat Jatiroto (jalur utara), ke arah selatan menuju kota Lumajang.

Sumber. http://www.semboyan35.com/showthread.php?tid=2644

Jalur mati kereta api sendiri adalah jalur St. Klakah - St. Lumajang - St. Pasirian dan St. Lumajang - St. Rambipuji (Jember). Sebagian jalur telah menjadi jalan raya, sebagian lagi menjadi restoran, rumah dll. ini petannya Menurut informasi yang kami dapatkan, bahwa kereta ini cuma beroperasi 4 kali yaitu waktu pagi (jam berangkat kerja) 2 kali (1x PP) dan sore 2 kali(1x PP). kalo dilihat dari bentuknya, kereta ini mieip kereta uap. namun, kereta yang melewati jalur rel yang dibuat belanda ini ternyata sudah bermesin diesel. karena transportasi kendaraan bermotor masih jarang, maka kereta api atau bila orang-orang sering menyebut sepur menjadi salah satu transportasi yang penting selain dokar, dll.

lokomotif yang digunakan adalah lok D30179 dipo Jember, dengan cadangan C1223 dan C1233 dipo Klakah. Sampai tahun 1987 kereta ini masih jalan ini adalah gambar yang kami dapat dari mbah google Sumber: hamparanpasirsemeru.blogspot.com
Foto ini diambil di kali pancing... bekas jembatannya juga masih ada kok yaitu disebelah utara dari jembatan yang baru Sumber: hamparanpasirsemeru.blogspot.com
Nah kalo yang ini adalah rel di dekat sungai mujur tepatnya ada di bagian barat jembatan yang baru (buat kendaraan bermotor)... masih bagus ya... tapi sayang... sekarang tinggal fondasinya aja.. relnya udah ga ada..
Andai ada usaha pemerintah untuk mengaktifkan kembali jalur ini..

lagi pula, jalur kereta ini banyak manfaatnya juga,... selain untuk angkutan penumpang dan barang.. rel ini juga bisa buat ngangkut pasir yang selama ini banyak ngerusakin jalan dan jembatan di sepanjang jalur lumajang. coba.. kalo di itung-itung, biaya perbaikan jalan mungkin lebih besar ketimbang membuat rel ini......

Namun.. pembuatan rel ini mungkin juga menimbulkan masalah. yaitu bekas rel yang sudah ditinggali warga,, kami tidak tahu apakah tanah bekas rel tersebut masih milik PT.KAI atau sidah milik warga setempat... kalo harus bikin rute baru, malah tambah biaya besar kaya'nya... lagi pula... dulu rel itu dibuat pake perhitungan kan.??? sao... mungkin jalur yang lama itulah yang terbaik

ini ada tambahan gambar lagi mudah-mudahan bisa berguna


Ini adalah jalur percabangan lumajang-jember-pasirian




Yah.. mungkin cuma itu yang bisa kami informasikan semoga Allah swt memberikan apa yang terbaik untuk Lumajang

ok last... ada udang dibalik batu.................udah dulu..........


Sumber foto (5 terbawah) : http://www.semboyan35.com/
dan dari berbagai sumber

6 komentar:

  1. dadi eling jaman cilik nek minggu isuk, mlaku2 nang kali mujur...

    Ayo, majukan pariwisata lumajang cak/mbakyu! Ayo podo2 promosi kekhasan lumajang. Monggo dinikmati rumiyin jangan kelor e teng lapak kulo...

    Salam kenal...Bocah Sout of Tempeh...hehe

    BalasHapus
  2. 0k 0k....
    aku siswa SMA tempeh lho mas..
    wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  3. Hidupkan jalur Lumajang. Saya sangat senang ada yang sependapat dengan saya. Tapi mohon maaf sebelumnya kalo tampilin gambar kalau bisa dicantumkan sumbernya. Soalnya Peta Lumajang paling atas dan foto satelit plus peta dan foto tersebut ini saya yang edit/buat. Klik http://www.semboyan35.com/showthread.php?tid=2644. Semoga jalur KA Lumajang bisa dihidupkan kembali. Terima kasih.

    BalasHapus
  4. thanks for your comment
    saya pernah memimpikan pasir lumajang diangkut lewat kereta api agar jalan2 di lumajang tidak rusak lagi

    nah... ini yang ditunggu.. makasih atas koreksinya....
    ^_^

    BalasHapus
  5. padahal kolonial dulu bagus lho membangun sarana transportasi umum kereta tapi pemerintah Indonesia sepertinya hanya memeikirkan jalan raya saja. ada juga yang di jalur jombang-pare-kediri juga mati

    BalasHapus

Terima Kasih atas umpan balik anda
Saran membangun sangat dibutuhkan untuk kelangsungan blog ini
"Lumajang Atib Berseri"