Desa siluman... desa yang tak seseram namannya

Apa sih reaksi orang-orang ketika mendengar kata "siluman"..?? pasti pikirannya adalah makhluk setengah manusia setengah jin yang serem dan memetikan... nah.. tahukah anda ada suatu desa di kabupaten Lumajang yang bernama desa siluman....???

Teryata,,, definisi siluman tidak selalu menyeramkan.... desa siluman ini adalah deesa yang amaaaaat indah...
Dusun ini termasuk dalam wilayah Desa Bades Kecamatan Pasirian berbatasan langsung dengan desa Gondoruso. Sering orang yang kebetulan melintas ke daerah ini yang kebetulan terlewati karena letaknya berada di jalan tembus Tempursari-Pasirian akan mengira bahwa tempat ini angker,

menurut informasi dari www.hamparanpasirsemeru.blogspot.com ada sedikit cerita nih... mengenai desa siluman ini.. yuk kita lihat..!!!!

sebetulnya tidak karena saya pernah mengalaminya sendiri dan pernah tinggal beberapa hari di rumah teman SMA ku, di sana keimanan masyarakatnya cukup kuat dan tidak pernah aku melihat sosok wajah yang menyeramkan dari penduduknya sehingga sesuai namanya disebut Siluman. Namun pernah juga aku mengalami peristiwa yang sedikit membuat bulu kuduk berdiri. Pada waktu itu aku bersama suami dan anakku pas liburan Hari Raya Idul Adha, aku rencananya pergi ke Tempursari untuk sholat ied di sana, terpaksa sebelum subuh aku sudah tiba di Pasirian, pada saat aku melewati jalan kuburan Siluman sepedaku tiba-tiba mati plesss….. seperti kehabisan bensin, sontak anakku dan aku menjerit, karena jalanan jadi gelap seiring padamnya lampu di sepedaku, secara spontan dan reflek aku membaca apa yang bisa kubaca dalam kitab suci, seketika itu sepeda menyala lagi.

Pernah juga seorang warga mengalami peristiwa di jalan kuburan siluman, dimana dia bertemu pocong di tengah jalan, kemudian dia meminta pertolongan ke warga untuk menggotong pocong itu, setelah dia kembali dari rumah warga, dilihatnya pocong tadi sudah tidak ada ditempatnya, selang berapa lama warga tersebut diangkat jadi PNS

Itulah kisah yang mungkin tidak ada kaitannya dengan nama Siluman, tapi yang pasti kita punya nama daerah yang cukup unik dan perlu kita telusuri mengapa dinamakan dengan Siluman.

Dikutip dari hamparanpasirsemeru.blogspot.com
dengan beberapa suntingan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pemandian Joyokarto (Ds.Jokarto - Lumajang)

Rangka manusia