Pages - Menu

Kamis, 05 Desember 2013

Jadwal Kegiatan HARJALU (Hari Jadi Lumajang) 758

Ahahaaa setelah ditunggu-tunggu akhirnya dateng juga nih Harjalu
yap menyambut Hari Jadi Lumajang yang sudah ke 758, pemkab Lumajang akan ngadain serangkaia acara untuk memeriahkan HARJALU 758..//\^_^/

Nah setelah liat-liat web tetangga nemu juga nih admin jadwal rangkaian acara HARJALU - 758
Silahkan diliat di download bahkan dijadikan walpaper

Oh iya satu lagi, semua gambar di post ini admin salin dari singgahlumajang.blogspot.com




wuw so interesting... ^_^ . Buat kamu yang pengen tau lebih Lumajang, ikutin deh rangkaian acaranya. dan buat kalian para perantau asal Lumajang, yuk sejenak kembali ke kampung halaman untuk ikut acara di HARJALU 758.

Go Lumajang,  \^_^/
http://pisangagung.blogspot.com/

Senin, 19 Agustus 2013

Watu Pecak.. ~pasir dengan kandungan besi tinggi Lumajang~

Hai-hai semua... selamat masuk sekolah buat yang udah masuk hari ini...
nah admin mau share tempat asik lagi di Lumajang
Namanya Pantai watu pecak

Pantai ini terletak di selatan kab Lumajang, tepatnya di desa Selok Awar-Awar kecamatan Pasirian. 18 kilometer dari kota Lumajang dan cuma 35 menit dari Pasirian (Alun2).


Kalo kesini memang lebih asik menggunakan kendaraan pribadi. Karena memang angkutan umum hanya melewati jalan masuk desa selok awar-awar.. sedangkan pantai watu pecak masih

Jumat, 16 Agustus 2013

Jembatan Baru Jalur Lintas Selatan (JLS) Lumajang (keren gan)

Minal aidzin walfaidzin semuanya ... admin dan tim mohon maaf atas semua kesalahan yaaa... mulai dari 0 lagii ^_^

Yap setelah emang udah lama nggak posting gara-gara sibuk Kerja Praktek dan kuliah di Surabaya, akhirnya admin bisa jalan-jalan lagi niih di Lumajang...salah satu yang unik dan keren adalah seperti yang di judul..

Yap proyek JLS yang udah lama berjalan emang kenyataanya tersendat oleh banyak hal. Jangankan di JLS, Lintas Sumatera yang notabene (menurut kami) lebih penting belom selesai2.. :D

tapi bukan itu yang kita bahas...
Yup.. sisi lain JLS di Lumajang juga menjadi hal yang keren untuk dilihat... selain melewati perbukitan dan pemandangan hijau-hijau indah... JLS di Lumajang juga melewati laut. Salah satunya yang ada di perbatasan antara kecamatan Pasirian dan Tempeh ini

Selasa, 12 Februari 2013

Pariwisata Lumajang.. Bagus Tapi....

Hal ini terpikir oleh saya saat mengajak teman-teman kampus untuk pergi ke Lumajang. Tujuannya liburan sih... biasa lah kalo anak-anak kota juga bosan sama suasana di kota.

Pantai watu Godeg Lumajang
Yap... memang kalau dilihat-lihat wisata bagus di Lumajang emang udah nggak bisa dipungkiri lagi banyaknya. Menurut data yang bisa saya himpun dan diposting disini (obyek dan daya tarik wisata) ada 65 titik wisata (entah itu alam maupun buatan) di Lumajang. yang menurut data hanya 44 yang sudah dikelola.
Perlu temen-temen ketahui 44 titik yang sudah dikelola itu sekarang cukup banyak yang sudah terbengkalai alias sudah tidak terkelola ataupun yang dikelola tapi dengan hati tidak ikhlas. Tahu maksudnya kan? jadi benar memang ada orang yang mengelola seperti penjaga tiket tapi kelihatannya sama saja seperti tidak terkelola, contohnya saja di goa tetes. Disana memang ada penjaga tiket dan kita harus membayar jika mau masuk. Tapi, silahkan buktikan sendiri, tangga untuk menuju kebawah terkadang tidak ada pegangannya, bahkan ada sumber air yang mengaliri tangga, sehingga ditumbuhi lumut. Pengunjung harus ekstra hati-hati jika melewati ini. pengangan kiri-kanan, sangat tidak nyaman dan aman.

Pertannyaanya bagaimana bisa separah ini..??? apakah memang tidak ada respon yang baik dari pemerintah daerah untuk menangani hal ini.? padahal mereka sudah punya dinas pariwisata untuk menangani hal ini..

Kalau dari data yang tersedia di (obyek dan daya tarik wisata) hanya segelintir saja yang dikelola pemkab Lumajang, sisanya ada yang dikelola balai perbakala dan sebagian besar swasta. Saya rasa untuk masalah ini peran pemkab sangat besar untuk mendandani pariwisata di Lumajang.

Goa Tetes Lumajang (sumber singgahlumajang.blogspot.com)

Apakah masalahnya uang..??? memang pemkab menganggarkan berapa untuk pariwisata?? Kalau ada mengapa masih banyak tempat wisata yang bagus masih terlihat belum tersentuh oleh manusia??

Oke, alasan untuk mengapa pariwisata di Lumajang kurang tertata karena pemerintah saya stop dulu, kita pandang dari sudut lain...

Geografis di Lumajang memang cukup unik, dikelilingi gunung dan bukit. Bagus tapi ada satu masalah besar.
Akses jalan yang pastinya akan sulit. Ada yang pernah le watu Godeg dari arah pasirian..??? Jalannya wow sekali, kalau untuk yang suka tantangan, jalan ini memang sangat bagus. Tapi, bagaimana yang lain? kawan saya saja ada yang takut melewat jalan yang di bukit ini. Atau di goa tetes, akan butuh perjuangan ekstra untuk mencapai kebawah, apalagi untuk bisa keatas lagi. Kalau nggak kuat, bisa langsung pingsan. Dan lagi, masalah trasnportasi. Di lumajang hanya jalan utama saja yang dilewati transportasi publik. Ini yang menjadi kendala untuk mencapai lokasi wisata.

Nah, memang masih banyak lagi masalah yang ada di subyek ini. Lalu, bagaimana kita sebagai mahasiswa putra Lumajang  menyikapi hal ini.? katanya kita sebagai pengawal kebijakan pemerintah, atau katanya kita sebagai agent of change..???? Masihkah kita berdiam diri dan memperkaya diri sendiri.? padahal kuliahpun kita sudah makan uang rakyat. Tak terkecuali rakyat Lumajang..??


~semangat kontribusi~


Minggu, 10 Februari 2013

Jalur kereta Lumajang, perlukah diaktifkan>???

Pertanyaan yang sudah sering dilontarkan. Namun, sepertinya hal ini tidak mendapat perhatian yang serius
Berkaca dari jaman yang sudah dahulu, penggunaan jalur kereta api dilumajang memang menjadi salah satu transportasi utama dari pasirian menuju kota lumajang dan juga dari kabupaten lain yang masuk ke Lumajang. Tapi itu dulu, disaat transportasi masih sangat terbatas. Sekarang? bahkan pengusaha angkutan umum saja banyak yang beralih profesi karena masyarakat Lumajang sudah beralih ke kendaraan pribadi seperti sepeda motor. Contohnya saja bila dengan sepeda motor masyarakat pasirian bisa mencapai kota Lumajang dalam waktu tempuh kurang dari 1 jam dan bisa kapanpun, Sedangkat bila naik kereta meskipun waktu tempuhnya bisa cepat namun, jadwal keberangkatan jadi masalahnya. Bus Lumajang-Malang saja sekarang yang saya lihat penumpangnya sudah tidak seramai dulu. Dulu penumpang dari terminal Lumajang sampai kecamatan pasirian sangat ramai. sekarang, bahkan pernah saya melihat bus hanya ada 2 penumpang.

Bus yang hanya lewat jalur Utama
Sistem trasportasi untuk masyarakat di kabupaten Lumajang memang sekarang sudah beralih menjadi transportasi pribadi terutama yang rumahnya tidak dilewati angkutan umum ataupun jauh dari jalan utama. Artinya, masyarakat lebih senang dan nyaman bila menggunakan trasportasi pribadi. Hal ini memang sulit bahkan tidak dapat diubah. Karena, masyarakat lumajang banyak yang bekerja di kota,namun rumahnya di daerah yang tidak tersentuh jalur transportasi umum seperti Bus. Nah, dengan kenyataan ini memang rasanya sulit untuk menggunakan kembali jalur kereta api yang dulu ada di Lumajang sebagai sarana trasportasi umum. Kebanyakan masyarakat lebih suka bepergian dengan sepeda motor. Dalam hal ini kita tidak bisa menyalahkan masyarakat, karena terkadang tujuan mereka bukan dari desa ke kota, namun desa ke desa. Sehingga lebih efisien bila menggunakan sepeda motor/kendaraan pribadi

Lalu, kenapa saya posting seperti ini,??
JIka ada pertannyaan seperti yang ada di judul, saya akan jawab (YA)

namun bukan untuk trasportasi orang (passenger) tapi untuk transportasi barang yang satu ini
sumber http://ansirk.student.umm.ac.id


Memang sudah tidak bisa dipungkiri kalau distribusi pasir di Lumajang sendiri punya banyak masalah.  Mulai dari jalan yang rusak terus. Meski sudah diperbaiki berkali-kali, sempat terpikir kalau pembuatan jalan di Lumajang memang ada yang aneh, tapi positif thinking aja deh sama PU. Tapi memang masalah jalan ini masalah besar, bahkan pernah ada lubang cukup mengganggu di jembatan kali mujur. Tak pelak, jalan yang rusak ini sudah menimbulkan banyak korban, luka maupun jiwa.
Jalan Rusak dan Truk Pasir (sumber: titiknolkm.com)
 Sampe dibikin gini juga sama warga :D

Sumber: yosowilangun.blogspot.com
Polusi debu, suara, pasir juga kerap terjadi. hal ini karena dalam pendistribusiannya menggunakan truk tronton berukuran besar. Jujur saja, terkadang saya agak terganggu dengan kehadiran truk-truk besar ini. Selain itu, pasir yang terkadang jatuh ke jalan juga bisa memperbesar resiko selip pada roda kendaraan juga karena kecepatan yang pelan, akan sulit untuk  cepat sampai tujuan karena tidak mudah menyalip truk pasir di jalan Pasirian-Lumajang. tentu saja ini berdampak pada kenaikan resiko kecelakaan.

Jadi sepertinya fungsinya dari kereta apinya saja yag dirubah, semula penumpang, jadi pasir. Pasir kemudian didistribusikan ke suatu tempat untuk ditimbun. Setelah itu terserah perusahaan mana yang mau beli

Kereta Pengangkut Pasir. (sumber: kentucky.com)

Tapi... jika ini dilakukan, akan banyak juga dampak yang ditimbulkan. Terutama pada naiknya pengangguran. tentunya para supir-supir tidak dibutuhkan lagi untuk pendistribusian. Dan juga saya terkadang melihat ada aktifitas di luar area tambang yang menyangkut pasir. Nah, itukan juga menyerap pekerja, kalau distribusi dengan truk sudah ditiadakan, maka pekerjaan mereka juga tiada. Apalagi bangunan liar milik penduduk yang sudah terlanjur bertahun-tahun berdiri di atas tanah PT KAI. Bisa saja PemKab tetap mempekerjakan para penambang pasir tradisional disana.

Yah memang tidak ada pilihan tanpa konsekuensi. Sekarang tinggal bagaimana pemerintah mengambil sikap. Tapi memang kalau dilihat dari keadaan sekarang ini, sangat mustahil untuk mengaktifkan kembali jalur kereta api di lumajang. Tapi suatu hari di masa depan? entah

dan satu lagi, post ini didasarkan pandangan saya sebagai masyarakat Lumajang yang tinggal di daerah sekitaran barat daya Lumajang. Kalau pendapat anda..????

Syekh Abdurahman (pembawa Islam ke Lumajang)


Mungkin sebagian orang bahkan masyarakat Lumajang sendiri banyak yang tidak mengetahui tentang orang ini.. yap.. dia adalah Syekh Abdurrahman. Dia adalah orang yang pertamakali membawa Agama Islam ke Lumajang. Ia jugalah yang membuat Adipati Minak Koncar masuk Islam..
Berikut biografinya….. (didapat dari juru kunci makam (Bapak Sahal,2009))


Nama lengkap beliau adalah Syekh ABDURRAHMAN bin Muhammad bin Syaiban bin Aly bin Abbas bin Syafi’ binTsaqib bin Umar bin Utsman bin Abu Bakar bin Utsman bin Muhammad bin Abdulloh bin Umar bin Bakar bin Aly bin Gholib bin Quraisy bin Abdulloh bin Al Qutub Assyekh Syaiban AI Iraqi Al Bagdadi Rodliyallohu ‘anhu bin Abdulloh bin Abbas bin Abdulloh bin Abbas Ibnu Abdul Mutholib Asshohabi Rodliyallohu ‘anhu wa’anhum ajma’in.

Beliau dilahirkan Tahun 1111 Masehi di Baghdad Iraq. Masa hidupnya 189 Tahun. Muksa di Goa Biting Lumajang Tahun 1300 Masehi dalam keadaan Puasa dan Seluruh Fisiknya masih Utuh. Kakek beliau Qutub Syekh Syaiban Al Iraqi Al Bagdadi. sepupu Imam Ahmad Bin Hambal Assyaibani. Beliau bermarga Assyaibani Beliau pernah menuntut ilmu agama di Mekkah, hafal ALQUR’AN dan HADISTS dan telah melaksanakan Ibadah Haji sebanyak 28 kali (wew). Pada usia 30 tahun Beliau hijrah ke Yaman. Kemudian beliau hijrah ke daerah Timur. Sampai di Aceh menikah dengan Cut Nazilah.
Beliau menyebarkan agama Islam di Indonesia mulai dari Aceh sampai Ternate, dengan cara TUTWURIHANDAYANI. Sehingga banyak kalangan Elite dan Pejabat waktu itu yang masuk agama Islam.

Postur tubuhnya Tinggi besar, hidung mancung, warna kulit Cokelat. Beliau selalu mamakai Jubah dan Surban warna Kuning krem, membawa tongkat panjang/tongkat khotbah yang ujungnya berlambang Ka’bah dalam lingkaran Tasbih, ditengah Ka’bah ada gambar  Bintang Segi Lima.

Beliau selalu berdzikir ALLAH ALLAH dan membaca sholawat. Sholawat khusus beliau adalah “BISSMIKAALLOHUMMA WABIHAMDIKA SHOLLI ‘ALA SAYIDINA MUHAMMAD WA ALIHI WASHOHBIHI WABARIK WASALLIM WAKARRIM”. Juga melakukan puasa Wishol yaitu puasa 40 hari 40 malam tanpa tidur.

Thoriqoh beliau, thoreqoh MULAMIYYAH dari Bagdad. Mursyid atau Gurunya Imam Hamdun Al Qozar dari zaman Tabi’in. Thoriqot ini sebagian ajarannya mengajarkan “Tidak menunjukan kebaikan diri dan tidak pula menyimpan kejelekan di hati”.

Isteri-isteri beliau :
·   Cut Nazilah dari Aceh
·   Sheikhoh Aisyah Binti Muhammad Al Marbawi dari Aceh
·   Signorita Miguela dari Portugis
·   Roro Wulandari Bibi dari Minak Koncar Lumajang.


Keturunan-keturunan beliau tersebar di beberapa Bangsa.

Kekeramatan Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA adalah :
·   Bisa berbicara semua Bahasa, termasuk bahasa Malaikat, jin dan Hewan.
·   Segala Hajat yang dinginkan beliau Insya Allah terkabul
·   Dalam berdakwah tidak membutuhkan kendaraan, kemana-mana asal tujuan dakwah bisa sampai tujuan dalam hitungan Detik.

Fatwa-fatwa Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA diantaranya :
·   Allah itu Maha Segalanya.
·   Taqwa itu Sholat, Tasbih dan Puasa
·   Islam itu Damai seluruh Dunia
·   Ilmu itu supaya bertambah, harus di Amalkan.
·   Makan itu untuk Hidup, kalau tidak terpaksa Tidak Makan
·   Hukum dan Pemeritah itu apa Kata Rakyat


Murid-murid Syeikh Abdurrohman Assyaibani RA, diantaranya:
·   Syekh Abdullah (dulu makamnya di SDN1 atau BRI Lumajang. Sekarang dipindah ke makam umum Jogoyudan Lumajang)
·   Syekh Muhammad Anas dari Demak. (Makamnya di belakang Masjid Jamik Anas Mahfud Lumajang)
Lain-lain :
Ø   Banyak orang terkabul hajat dan do’a setelah berziarah ke makam beliau.
Ø   Mengaharap kritik dan Essay dari khalayak dan semua pihak.

Demikian sejarah singkat dan riwayat hidup Syeikh Abdurrohman Assyaibani
Sekarang,, makam syekh Abdurrahman masih ada di kawasan bitting tepatnya di bagian barat dari makam Minak koncar dan anak-anaknya.


Nah pohon yang di timur makamnya itu konon di tanam saat syekh Abdurrahman dimakamkan,,.. dulu sih masi kecil sekarang ya udah besar.

Dan makam ini satu kompleks dengan makamnya Minak koncar



OK and the last

Save our earth
Satukan Hati Hijaukan Bumi
Green My earth.. peace my heart…

Wassalamualaikum wr wb