GOA TETES (an exotic goa)

Inilah salah atu obyek wisata yang paling admin suka... Goa Tetes... Seperti apa sih goa tetes itu...?? cekot-cekot Goa Tetes terletak di Dusun Krajan, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang. Dari pusat kota Lumajang, lokasi goa ini berjarak kurang lebih 60 kilometer ke arah selatan Lumajang. Lokasinya memang terletak di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Jika ditempuh dari Kabupaten Malang, jaraknya kurang lebih 70 kilometer ke arah timur. Yah... memang agak susah menemukan jalan masuk ke tempat ini bisa kita lihat, tanda tempat wisatanya cuma 1 dan ya.. bia dibilang kecil.. tapi kalau anda anda pergi naik bus (Putra Mulya atau Pari Kesit) anda dapat dengan mudah menuju tempat ini karena kernetnya uda tahu..
he2.....

Dari pintu masuk ini ada sekitar 1 km menuju loket dan tempat parkir (roda2 dan 4). Biaya masuknya cukup murah kok cuma 1500 rupiah per orang..


Berdasarkan cerita yang berkembang, Goa Tetes ditemukan pada 1969 oleh penggergaji kayu. Pada 1975 baru mulai dikunjungi orang. Sebagian besar pengunjungnya waktu itu organisasi seperti Pramuka. Obyek wisata ini baru dikomersialkan pada 1982. Karena dianggap menarik, kemudian Pemerintah Daerah Lumajang melalui PD Semeru mulai tertarik mengelolanya. Sejumlah perbaikan mulai dilakukan. Dalam beberapa tahun kemudian, jumlah pengunjung benar-benar melonjak, terutama pada hari-hari Lebaran.

Rute menuju Goa Tetes dari pintu loket obyek wisata yang mulai dikelola sejak 1982 ini boleh dibilang menantang. Karang taruna Desa Sidomulyo selaku pengelola obyek wisata ini memang telah membuat jalurnya lebih mudah untuk dilewati daripada ketika gua ini baru ditemukan pada 1969.Obyek wisata ini pernah mengalami masa-masa jaya pada periode 1980 hingga 1990-an. Sayangnya, jumlah pengunjung Goa Tetes kini jauh berkurang jika dibandingkan masa 1980-an hingga 1990-an. Mungkin dikarenakan yang hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki yang cukup jauh ditambah lagi dengan jalurnya yang terjal.dan wisatawan juga harus hati2 karena tangga menuju kesana sangatlah licin..
tidak seperti goa-goa yang laiinnya, goa tetes terdiri dari banyak air terjun. bahkan waktu admin datang kesini yang dipikir bukan goa tapi air terjun.... Suasana yang sejuk dan hamparan pepohonan yang nyaman sangat cocok untuk menenangkan diri di sini.

sesampainya di bawah sebenarnya Admin bingung karena yang terlihat hanya air terjun saja.. dimana goanya..????

o0o0 ternayata kita harus ke atas lagi. mungkin agak males waktu keatas lagi tapi... seru banget deh.. karena kita bisa dapet pengalaman mendaki air terjun sampai ke mulut goa... ha2
selama perjalanan ke mulut goa, kita bisa melihat banyak batu-batuan yang berwarna coklat dan kuning (mengandung unsur Fe dan S mungkin yah,..)
Perjalanan dilanjutkan kembali daaaannn............


Sampailah di Mulut Goa,,,!!!


Goa Tetes merupakan wisata goa yang didalamnya terdapat stalagtit dan stalagmit dengan warna yang beraneka ragam.

untitled-5

Orang-orang percaya bahwa air yang ada di goa bisa membuat awet muda. Selain itu, goa ini dipercaya bisa mempertemukan jodoh bagi yang belum menikah dan dapat mempersatukan kembali keretakan rumah tangga.

wah bagus banget kan goa tetes ini..
makannya lets visit to Lumajang... ga bakal nyesel kalau kesini


And the last
Save our Earth, stop Global warming
Satukan hati, hijaukan bumi..
Green My earth, peace my heart



Komentar

  1. pemandian jarit candipuro lumajang, milik perhutani lumajang, di posting donk sejarahnya, pemiliknya, dll. di tunggu!!!

    BalasHapus
  2. Terima kasih komentarnya mbak mayank arum.
    Wah, saran bagus ini, tapi maaf sepertinya ndak dalam dekat ini, karena tim juga masi pada sibuk kuliah. InsyaAllah, Nanti waktu liburan kita cari deh tentang itu :D

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima Kasih atas umpan balik anda
Saran membangun sangat dibutuhkan untuk kelangsungan blog ini
"Lumajang Atib Berseri"

Postingan populer dari blog ini

Pura Mandara Giri Semeru Agung

Pemandian Joyokarto (Ds.Jokarto - Lumajang)

Rangka manusia