PIKET NOL (Gladak Perak)

Posted by SammY HydrocarboN Minggu, 19 Desember 2010 15 komentar
Kali ini kita akan membahas lagi tentang pariwisata di lumajang.
objek pariwisata ini adalah obyek pariwisata yang letaknya paling tinggi diantara objek pariwisata yang laen.. apakah itu...???
cekidot....cekot cekot



kawasan spiket 0 (baca piket nol) terletak sekitar 34km dari pusat kota lumajang. piket non ini adalah objek pariwisata yang letaknya paling tinggi diantara objek pariwisata yang laen. kalau berdasar info.. letaknya 750m dpl (mohon dikoreksi). Mungkin sebagian dari anda bingung. apa yang ada di piket nol...???

Sebenarnya, kawasan piket nol adalah jalan raya yang menghubungkan malang dan lumajang. kenapa disebut wisata..?? karena sepanjang jalan ini penuh dengan pemandangan2 yang indah dan ada salah satu jembatan yang arsitekturnya bagus banget. Jalan ini juga bisa disebut jalan wisata. namun hati-hati, karena banyak tikungan di sepanjang jalan ini karena jalan ini memotong ke samping gunung semeru.



di kawasan piket nol ini juga terdapat tempat-tempat wisata seperti GOA TETES (sudah ada di posting sebelumnya). namun hati-hati bila ke sini, karena jalan menuju goa tetes sangat licin dan terjal
pic goa tetes



seperti yang sudah ditulis diatas bahwa ada salah satu jembatan yang eksotis, jembatan ini namanya jembatan kali koboan atau lebih sering disebut "Gladak Perak". Gladak perak tidak lain adalah jembatan beton yang panjangnya sekitar 65meter yang menghubungkan dua tebing terjal diantara bekas aliran lahar semeru

Dari jauh

kurang deket....
sumber. panoramio.com
Nah pas...

Alur sungai yang lebar dan dalam ini dilintasi Jembatan Besuk Kobo’an, yang lebih dikenal dengan nama Jembatan Gladak Perak oleh warga sekitar. Ada dua jembatan di sana, satu buatan Belanda yang sudah tidak digunakan lagi dan satu jembatan beton sepanjang 130 meter yang dibangun Pemerintah Indonesia pada tahun 2001.

Menurut mitos yang dipercaya masyarakat setempat, fondasi jembatan lama dibangun dengan tumbal gelang perak milik seorang penari ledek cantik sebagai penolak bala. Dari situlah muncul sebutan Gladak Perak atau Jembatan Perak.

Jembatan lama ada di sebelah barat dari jembatan utama


jika terus menelusuri jalan ini maka akan terlihat pemandangan yang bwaaaaggguuuusss baged (lebai)... sepanjang jalan dipenuhi oleh banyak pohon. dan tentunya.. berkelok2

Laper...?? jangan kuatir.. disini banyak tersedia warung makan di sebelah jurang.. jangan takut jatuh.. malah enak kan..
makan sambil melihat lumajang dari ketinggian....


sumber: Mtc Jatim



pemandangan yang indah dari ketinggian
sumber: flickr.com

yah.. mungkin cuma itu yang bisa admin infokan...

oh ya kalo mau kesini tapi nggak punya kendaraan pribadi,.. bisa naik angkutan umum..
anda pasti bertanya-tanya emang ada angkutan umum yang lewat jalan seekstrim ini..??
jawabannya ada....

bukan mobil ataupun Colt melainkan Bis..
yap bis putraMulya.. (cabang dari kencana dan AKAS III)
bus kecil ini melayani rute dari Malang (Gadang) menuju LUMAJANG ( minak koncar) lewat jalur selatan..

nih pic nya

ada lagi...



hati-hati ya kalau mau kesini.. karena bis ini hanya sampai maghrib saja operasinya (dari lumajang)
saya dapet info dari kernetnya nih...

kalo dari LUMAJANG
bis pertama
berangkat jam 2malam
bis terakhir
berangkat jam 6 sore

dari malang
bis pertama
berangkat jam 2malam
bis terakhir
berangkat jam 6 sore

Mungkin kalau anda pulang ke arah Lumajang, bis masih ada sampai jam 9 malam( di piket nol).
namun kalau arah ke malang bis terakhir jam 6 sore




nah banyakkan obyek bagus di sekitar kita..
makannya bumi harus dijaga

And the last..
Satukan hati, hijaukan Bumi
Green My Earth.. Peace My heart

Baca Selengkapnya ....

Pantai Bambang (The most Beach in lumajang)

Posted by SammY HydrocarboN Kamis, 16 Desember 2010 8 komentar
Nah setelash kita bahas tentang wisata sejarah, kali ini kita akan bahas wisata bahari yang ada di LUMAJANG.. apakah itu.. Cekidot... cekot-cekot

Pantai bambang merupakan pantai yang sangat indah namun belum ada pengelolaan yang baik sehingga pantai ini hanya ramai saat hari2 besar, pantai ini terletak dikordinat 8° 17’ 26,5” Ls dan 113° 06’ 37,8” BT. Keadaan fisik yang dapat digambarka banyak sekali misalnya, bentuk lahan marin yang dibentuk oleh gelombang laut, tipe gelombang yang ada adalah spilling/ odel gergaji karena dorongan anginya langsung dari smudera terhambat oleh bentangan pulau nusa barong sehingga gelombang tidak terlalu besar. Pantai bambang merupakan tipe pantai yang berpasir. Pasir ini juga berfungsi untuk menampung air hujan sehingga meskipun disana dekat laut tetapi banyak terdapat air tawar. Pasir yang ada disini merupakan pasir dari gunung semeru yang mengalir mengikuti aliran lava atau sungai, cirri-ciri pasirnya yaitu hitam berkadar besi tinggi.disini banyak terdapat batu-batu yang berbentuk bulat dan berfariasa sehingga banyak penambang batu untuk hiasan.disini abrasi sangat kuat dan anginnya juga lembab.

Penambang batu di pantai bambang (sum ber: panoramio.com)
Pantai ini terletak kecamatan pasirian Kabupaten Lumajang 25 Km dari pusat kota lumajang
dan 8 kilometer dari muara jalan pantai bambang

Jika ingin ke sini, tak perlu bingung soal kocek... karena tiket masuknya sangat murah hanya Rp2000 per orang
saat anda masuk ke kawasan pantai.. anda akan memasuki hutan jati.. panorama yang sangat indah dapat di abadikan di sini. di pantai bambang sendiri terdapat pasir hitam yang indah,, pasir ini biasannya ditambang. namun tidak di kawasan pantai. kalau anda agak ke timur, maka anda akan menemukan bendungan. nah di bendungan inilah biasannya pasir ditambang karena kadar Fe (besi) yang cukup tinggi, pasir Lumajang sangat terkenal di pasaran.
Pantai Bambang biasannya ramai dikunjungi pada hari-hari besar maupun pada hari minggu. itulah sebabnya bila kita datang saat bukan hari besar/minggu, masuk ke tempat ini ngga usah bayar (hhe, Adminnya sering juga loh)

Sumber google.com

Pemandangan yang indah.. Ombak yang besar. dan suara desiran Ombak yang merdu bisa membuat orang betah disini. bahkan ingin mencoba dinginnya air laut.
Eitz.. tunggu dulu.. jangan coba-coba renang terlalu jauh atau surfing disini.. karena Ingat.!! banyak batuan2 besar di pantai ini. kebanyakan orang yang tenggelam biasannya bukan karena mereka tidak dapat berenag. namun biasannya terbentur batu, kemudian pingsan dan tenggelam.. Bukan untuk menakut-nakuti, cuma mau ingetin aja kok
he2

Sumber: panoramio.com
Biasannya para pengunjung datang pada saat sore hari, selain karena tidak panas, mereka juga tidak ingin melewati saat sunset indah di pantai bambang
Lapar?? Haus ? jangan khawatir.. disini selain ada tempat parkir, dan MCK, ada juga warung penjual makanan.. Pecel, Bakso (enak ya.. hhe)

Nah itulah pantai Bambang.. bila pulang hati-hati karena sekitar 1 km dari pantai tidak terdapat lampu penerangan..
banyak kan tempat indah di dunia
Makannya.. jaga dan Rawat BUMI kita

And The last ( salam GreenY)
Satuka Hati, Hijaukan Bumi
Green My Earth, Peace My Heart...


Baca Selengkapnya ....

Candipuro (diilhami dari nama Candi)

Posted by SammY HydrocarboN Minggu, 05 Desember 2010 0 komentar
Assalamualaikum..
Kali ini kita akan membahas tentang salah satu wisata sejarah di lumajang
Ini adalah candi putri, ada yang sebut ini gedung putri / gedong putri
untuk kenapa candi ini disebut Candi Putri, akan kami bahas di episode selanjutnya, karena kekurangan info tentang candi ini
ok lah langsung aja
yo yo cekidot... cekot-cekot

-->
Sumber: Foxil.inc (penulis)
Candi Putri atau Candi Puro yang terletak di Dukuh Selorejo, Desa Klopo Sawit, Kecamatan Candipuro, Lumajang menyimpan cerita sejarah tersendiri. Namun, Sayangnya, kondisi candi kini telah rusak dan tak terurus.
Entah apakah karena tidak ada yang mengunjungi atau yang lainnya...

Sumber: Foxil.inc (penulis)

-->
CANDI ini terletak sekitar 5 kilometer ke arah utara dari Balai Desa Sumberejo dan terletak di areal persawahan, masuk Desa Kloposawit. Berada di ketinggian 310 meter di atas permukaan laut (dpl) di lereng sebelah timur gunung Semeru.
Bangunan utama candi kini sudah tak berbentuk lagi. “Sekitar 20 tahun lalu, saya sering bermain ke sini dan bangunannya masih berdiri. Saya lupa tepatnya kapan candi ini rata dan tinggal tumpukan bata seperti ini,” jelas Kepala Desa Sumberejo Bowo Prayitno. Padahal, keberadaan candi inilah yang kemudian mengilhami munculnya nama Kecamatan Candipuro.


-->
Sumber: Foxil.inc (penulis)
Bangunan candi sebagian besar terdiri dari batu bata merah berukuran sedang dengan luas mencapai 12 meter persegi. Selain tumpukan batu bata merah, terdapat beberapa batu andesit sebanyak 7 buah yang merupakan pintu ambang masuk ke dalam candi. “Dulu sewaktu saya masih kecil, bangunannya masih berdiri. Tapi kemudian ambruk dan akhirnya hanya ditumpuk seperti ini,” katanya sambil menunjukkan tumpukan batu bata.
Saat ini, bangunan candi hanya dibatasi pagar kawat yang sudah karatan.
Menurut Bowo, sejak bangunan candi roboh, banyak warga yang mengambil batu bata. Ada yang digunakan tambahan bahan bangunan rumah, ada pula yang digunakan untuk tungku.
Keberadaan candi ini juga memunculkan cerita-cerita menarik dan sedikit berbau mistis. “Kalau tumang (tungku)-nya pakai batu candi, nasi yang dimasak tidak mateng-mateng (masak). Jadi ada yang dikembalikan lagi ke kompleks ini,” katanya.
Menurut cerita juga, di dalam bangunan candi, konon terdapat sebuah gua yang sangat panjang. “Katanya tembus hingga laut utara Jawa,” tambahnya. Tapi, belum ada yang masuk ke dalam gua untuk membuktikan kebenaran cerita tersebut.
Sementara, kondisi sebelah selatan candi dengan jarak kira-kira 50 meter terdapat kubangan air yang dipenuhi rumput liar. Menurut Bowo, berdasarkan cerita yang dia dapatkan, kubangan ini dulunya merupakan kolam mandi yang airnya sangat jernih. “Berdasarkan cerita, kolam ini dulunya merupakan tempat mandi para putri Majapahit. Dan dipercaya jika mandi di kolam ini akan awet muda dan cantik,”


-->
Sumber: Foxil.inc (penulis)
jelasnya. Karenanya, lanjut dia, dulunya banyak yang mandi di kolam tersebut untuk mempertahankan kecantikan. Sayangnya, kolam tersebut kini sudah tak bisa lagi digunakan mandi. Seluruh kolam yang cukup luas itu sudah tertutup rumput ilalang dan lumut. Warga sekitar juga jarang yang mengambil air dari tempat tersebut.


-->
Sumber: Foxil.inc (penulis)
Selain kedua lokasi tersebut..... Selain kedua lokasi tersebut, masih ada peninggalan lainnya. Yakni, berupa lingga yoni dari batu andesit 100 meter di arah utara candi. Yoni ini memiliki tinggi, panjang, dan lebar masing-masing 64 cm. sedangkan lingga memiliki diameter 16 cm. Bagian atas yoni pun sudah cuil dan patahannya banyak yang berserakan. Sedangkan pada lingga, pada bagian bulatannya juga patah. “Walau saya asli warga sini, saya tidak tahu pasti tentang candi ini,” ujarnya.



-->
Sumber: Foxil.inc (penulis)
Konon katanya patung ini dihancurkan oleh seorang kyai karena banyak orang yang melemparkan uang ke patung itu. Karena takut warganya terjerumus Syirik, akhirnya san Kyai menghancurkan patung tersebut
Tak lama kemudian sang Kyai dan keluarganya meninggal tanpa sebab entah mengapa sang Kyai dan keluarganya meninggal tiba-tiba. Tidak ada informasi yang jelas tentang hal ini
Sementara itu, berdasarkan data di Dinas Pendidikan Lumajang, hanya ada keterangan fisik material candi tanpa ada data yang lengkap soal candi tersebut. “Hanya tercatat jika bangunan candi ini pertama kali ditemukan pada tahun 1955,” ujar Suyadi, Kasi Kebudayaan. Candi tersebut, lanjut dia, diperkirakan dibangun pada jaman Kerajaan Majapahit pada kisaran tahun 1200-an
Dilain Pihak, terkait perawatan Candi Putri atau Candi Puro, Kabidpora dan kebudayaan Drs Rukin berdalih, jika perawatan candi merupakan kewajiban pemeirntah provinsi. “Kalau kabupaten anggarannya tidak ada. Beberapa kali kami ajukan selalu dicoret,” ujarnya.
Yah itulah sala satu wisata sejarah yang kembali masih tidak terurus pemerintah Lumajang..
Semoga artikel ini dapat menggugah hati pemerintah untuk memajukan wisata ini..
And the last
Lokasi peninggalan purbakala di desa kloposawit ang jaraknya kurang lebih 2, km dari kantor kepala desa, yang letaknya ditengah – tengah tanah SSBM perhutani. Adapun peninggalan purbakala tersebut adalah dua jenis, yang terdiri dari :
  1. rumah gedung yang ditempati seorang putri dan oleh sebab itu disebut gedung putri.
  2. Arca yang berbentuk indah dan tidak jauh dari gedung putri, kurang lebih 200 M yang dibuat dari batu Ukir.
Gedung putri putri tersebut dan arca telah ditemukan oleh seorang penduduk penduduk pencari kayu pada tahun 1897, pada waktu itu lokasi tersebut merupakan hutan lebat, dan pada tahun 1904 terkena bencana alam banjir gunung semeru, sehingga gedung putri tersebut hanya roboh saja, yang sampai saat ini batu merahnya masih ada dan alat – alat lainnya telah hilang diambila orang – orang yang mengunjungi, sedangkan arcanya masih ada sampai sekarang.
Adapun kterangan Gedung putri tersebut menurut legenda sejarah sbb :
Gedung putri tersebut telah ditempati oleh seorang putri yang sangat cantik yang dijaga ketat oleh seorang pengawal dan tidak sembarang orang bisa masuk. Wilayah tersebut adalah dalam permerintahan BUPATI MAJANG TENGAH yang bernama “ MENAK KONCAR ” dan juga dibawah naungan MOJOPAHIT, tahun 1037 M. majang tengah adalah masuk kecamatan dampit kabupaten malang.
Menurut sejarah, putri tersebuttelah dicuri oleh seorang pencuri yang sanggat sakti mandraguna, dengan jalan menggali tanah disebalh utara pasar Candipuro (dibelakang pasar) yang istilanya dalam bahaa jawa “NGGUWO” sampai ke gedung putri sepanjang kurang lebih 1 KM yang berupa terowongan dibawah, tanah yang sampai saat ini masih ada.
Maling atau pencuri tersebut bernama “MALING AGUNA”
Adapun luas bangunan tersebut kurang lebih 180 M2 dengan batas – batas sebagai berikut :
- Sebelah utara : tanahnya pak tyas (SSBM)
- Sebelah selatan : tanahnya pak da’u (SSBM)
- Sebelah Timur : tanahnya Pak Suwarno (SSBM)
- Sebalah barat : tanahnya pak Jembadi (SSBM)

Nah.. ternyata banyak tempat-tempat bagus disekitar kita.. makannya.. bumi harus dirawat dan dijaga...

And the last

-->
Save our earth
Satukan Hati Hijaukan Bumi
Green My earth.. peace my heart…

NOTE: silahkan meng-copy gambar disini namun mohon untuk dicantumkan sumbernya,
Wassalamualaikum wr wb

Baca Selengkapnya ....

Obyek dan Daya Tarik Wisata Lumajang

Posted by SammY HydrocarboN 3 komentar

OBYEK DAN DAYA TARIK WISATA ( ODTW )

KABUPATEN LUMAJANG

NO

NAMA OBYEK

JENIS

PENGELOLA

LOKASI

WISATA

1

Taman Kota Alun-alun

Buatan

Pemkab.Lumajang

Pusat Kota Lumajang

2

Water Park

Buatan

P.D Semeru

Desa Wonorejo Kec. Kedungjajang

3

Kolam Renang Veteran

Buatan

Kapora

Jl. Veteran 98 Lumajang

4

Pemandian Al - Kautsar

Buatan

Swasta

Desa Kalipepe Kec. Yosowilangun

5

Pemandian Batu Kambang

Buatan

Swasta

Desa Sidorejo Kec. Rowokangkung

6

P. Tirta Rahman Ade Putra

Buatan

Swasta

Kec. Pasirian

7

Pemandian Mina Sari

Buatan

Swasta

Desa Sememu Kec. Pasirian

8

Pemandian Joyokarto

Buatan

Swasta

Ds. Jokarto Kec. Tempeh

9

Pemandian Kayu Batu

Buatan

Swasta

Desa Pulo Kec. Tempeh

1

Pemad.Alam Selokambang

Alam

P.D Semeru

Desa Petahunan Kec. Sumbersuko

2

Pemandian Tirtosari

Alam

KPSA Penanggal

Desa Penanggal Kec. Candipuro

3

Pemandian Tirtowono

Alam

Perum Perhutani

Desa Jarit Kec. Candipuro

4

Pemandian Telaga Semeru

Alam

Desa

Desa Sememu Kec. Pasirian

5

Pemandian Umbulan

Alam

Desa

Kec. Tempursari

6

Ranu Bedali

Alam

P.D Semeru

Desa Ranu Bedali Kec. Ranuyoso

7

Ranu Klakah

Alam

P.D Semeru

Desa Tegalrandu Kec. Klakah

8

Ranu Pakis

Alam

P.D Semeru

Desa Ranu Pakis Kec. Klakah

9

Ranu Lading

Alam

Belum

Desa Sumber Weringin Kec. Klakah

10

Ranu Glebeg

Alam

Belum

Desa Ranuworong Kec. Randuagung

11

Ranu Pane

Alam

TN-BTS

Desa Ranu Pane Kec. Senduro

12

Ranu Kumbolo

Alam

TN-BTS

Desa Ranu Pane Kec. Senduro

13

Ranu Regulo

Alam

TN-BTS

Desa Ranu Pane Kec. Senduro

14

Pantai Watu Pecak

Alam

Desa

Desa Selok awar-awar Kec. Pasirian

15

Pantai Wot Galih

Alam

Desa

Desa Wot Galih Kec. Yosowilangun

16

Pantai Meleman

Alam

Desa

Desa Meleman Kec. Yosowilangun

17

Pantai Watu Godheg

Alam

Desa

Desa Bulurejo Kec. Tempursari

18

Pantai TPI Permai

Alam

Desa

Desa Bulurejo Kec. Tempursari

19

Pantai Translog

Alam

Belum

Desa Pandan Wangi Kec. Tempeh

20

Pantai Dampar

Alam

Belum

Desa Dampar Kec. Pasirian

21

Pantai Ciut

Alam

Belum

Desa Dampar Kec. Pasirian

22

Pantai Tlepuk

Alam

Belum

Desa Gondoruso Kec. Pasirian

23

Pantai Watu Gedheg

Alam

Belum

Desa Bulurejo Kec. Tempursari

24

Pantai Bantengan

Alam

Belum

Desa Bulurejo Kec. Tempursari

25

Pantai Bulu

Alam

Belum

Desa Bulurejo Kec. Tempursari

26

Pantai Parupa

Alam

Belum

Desa Pandan Wangi Kec. Tempeh

27

Pantai Bambang

Alam

P.D Semeru

Desa Bago Kec. Pasirian

28

Puncak Gunung Semeru

Alam

BMG

Desa Ranu Pane Kec. Senduro

29

Puncak Gunung Lamongan

Alam

BMG

Desa Papringan Kec. Klakah

30

Puncak Gunung Sawur

Alam

BMG

Desa Penanggal Kec. Candipuro

31

Piket Nol

Alam

Perum Perhutani

Desa Sumberwuluh Kec. Pronojiwo

32

Watu Klosot

Alam

Parisada Hindu

Desa Tawon Songo Kec. Pasrujambe

33

Loji Tawon songo

Alam

Pengairan

Desa Tawon songo Kec. Pasrujambe

NO

NAMA OBYEK

JENIS

PEGELOLA

LOKASI

WISATA

34

Panorama Gunung Tambuh

Alam

Belum

Desa Bago Kec. Pasirian

35

Puncak B-29 Argosari

Alam

Belum

Desa Argosari Kec. Senduro

36

Air Terjun Manggis

Alam

Belum

Desa Kandangan Kec. Senduro

37

Air Terjun Goa Pawon

Alam

Belum

Desa Kertowono Kec. Gucialit

38

Air Terjun Antrukan

Alam

Belum

Desa Sari Kemuning Kec. Senduro

39

Air Terjun Seningkir

Alam

PTP Kertowono

Desa Gucialit Kec. Gucialit

40

Goa Tetes

Alam

P.D Semeru

Desa Pronojiwo Kec. Pronojiwo

41

Goa Terowongan

Alam

Belum

Desa Dampar Kec. Pasirian

42

Goa Bima

Alam

Belum

Desa Dampar Kec. Pasirian

43

Goa Lowo

Alam

Belum

Desa Dampar Kec. Pasirian

44

Wisata Agro Bunga

Alam

Belum

Ds. K.anyar,Krai,Wot Galih-Yosowilangun

45

Wisata Agro Pabrik Gula

Alam

PG. Jatiroto

Desa Jatiroto Kec. Jatiroto

46

Wisata Agro Kebun Teh

Alam

PTP Kertowono

Desa Gucialit Kec. Gucialit

47

Hutan Bambu

Alam

KPSA Kalijambe

Desa Sumbermujur Kec. Candipuro

1

Gunung Fuji / Mbah Citro

Religi

Swasta

Desa Papringan Kec. Klakah

2

Makam Mbah Drajid

Religi

Swasta

Desa Wot Galih Kec. Yosowilangun

3

Pura Mandaragiri S. Agung

Religi

Parisada Hindu

Desa Sendur Kec. Senduro

4

Pura Rondo Kuning

Religi

Parisada Hindu

Desa Ranu Pane Kec. Senduro

5

Makam Minak Koncar

Religi

Balai Purbakala

Desa Kutoreneon Kec. Sukodono

1

Situs Biting

Budaya

Balai Purbakala

Desa Kutoreneon Kec. Sukodono

2

Candi Putri

Budaya

Balai Purbakala

Desa Candipuro Kec. Candipuro

3

Candi Agung

Budaya

Balai Purbakala

Dusun krajan I (satu) Kec Randuagung

4

Monumen / Tugu

Budaya

D H C"45

Se-Kabupaten Lumajang

Sumber. Bag.Ekonomi Setda Kab. Lumajang

Jumlah Obyek

: 65

Sudah Dikelola

: 44

Belum Dikelola

: 20


Baca Selengkapnya ....
Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of banana holidays lumajang.